1
Natural VIREXI Pengendali Ulat Grayakby Mitra Agroon.Natural VIREXI Pengendali Ulat GrayakNatural VIREXI merupakan salah satu produk pestisida hayati pengendali ulat grayak dari PT Natural Nusantara (NASA) dengan bahan aktif virus Spodoptera exigua – Nuclear Polyhedrosis Virus (Se-NPV). Se – NPV merupakan salah satu jenis virus yang khusus dan sangat khas untuk mengendalikan ulat grayak jenis Spodoptera exigua yang biasa menyerang tanaman bawang-bawangan seperti bawang merah, […]

Natural VIREXI merupakan salah satu produk pestisida hayati pengendali ulat grayak dari PT Natural Nusantara (NASA) dengan bahan aktif virus Spodoptera exigua – Nuclear Polyhedrosis Virus (Se-NPV). Se – NPV merupakan salah satu jenis virus yang khusus dan sangat khas untuk mengendalikan ulat grayak jenis Spodoptera exigua yang biasa menyerang tanaman bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih bawang bombay dan bawang daun.

Keunggulan Natural VIREXI

Pemanfaatan Se-NPV dalam Natural VIREXI sangat menguntungkan karena sangat efektif namun ramah lingkungan, mudah terdegradasi di lapangan, spesifik untuk jenis ulat tertentu yaitu ulat grayak Spodoptera exigua, tidak mengganggu agens hayati lain (pengendali hama alami), mudah menyebar, mampu menetap di lapang lebih dari 2 bulan (dalam kondisi yang menguntungkan) dan dapat diproduksi secara massal.

Mekanisme Infeksi VIREXI

Mekanisme Infeksi Natural Virexi

Keefektifan virus VIREXI tidak tampak seketika, jadi ulat tidak akan langsung mati karena di dalam tubuh uat berlangsung proses biologis yang butuh waktu beberapa hari hingga mati. Selama waktu tersebut, ulat tetap memakan daun tetapi kemampuan makan ulat sudah turun sampai akhirnya ulat mati.

Cara Penggunaan VIREXI

  1. Bersihkan tangki semprot dari sisa pestisida kimia
  2. Larutkan 1 sachet (bungkus) VIREXI dalam 15 liter air untuk 1 tangki semprot dan aduk sampai rata
  3. Arahkan semprotan ke seluruh bagian tanaman
  4. Untuk pemeliharaan tanaman, semprotkan setiap 1 minggu sekali
Aplikasi yang paling efektif adalah pada waktu sore hari sesudah jam 16.00 untuk menghindari sinar ultra violet matahari karena biasanya ulat grayak menyerang tanaman di waktu malam hari sehingga mempercepat masuknya virus dalam tubuh ulat grayak.

Konsentrasi SE-NPV diatas 107 PIBs (Polyhedra Inclusion Bodies) sudah cukup efektif dalam mengendalikan ulat grayak S. exigua instar III. VIREXI mengandung 7,5 dan 1,5 x 1010 PIBs efektif dalam mengendalikan ulat grayak dalam waktu yang lebih singkat.

PERINGATAN !

Jangan dicampur dengan pestisida kimia.
Simpan ditempat yang sejuk (suhu 250 – 300 C) dan terlindung dari sinar matahari langsung.

Pengendali hama hayati untuk ulat grayak Natural VIREXI tersedia di AgenPupuk.com dalam kemasan kotak berisi 5 sachet @ 20 gram

Related Posts

One Response

  1. 12 Juni 2014 at 11:50Natural VITURA Pengendali Hama Ulat Grayak S. LituraReply

    […] Natural VIREXI […]

Tinggalkan Balasan