0
Natural GLIO – Agens Hayati Pengendali Jamurby Mitra Agroon.Natural GLIO – Agens Hayati Pengendali JamurNatural GLIO adalah produk pestisida biologi atau agens hayati pengendali penyakit jamur dari PT Natural Nusantara yang berbahan aktif Gliocladium sp. dan Trichoderma sp. yang merupakan suatu jenis cendawan (jamur multiseluler) yang mampu membantu menanggulangi beberapa penyakit tanaman seperti layu fusarium. Natural Glio dapat mematikan, menghambat dan menghancurkan pertumbuhan jamur patogen dalam tanah yang dapat […]

Natural GLIO adalah produk pestisida biologi atau agens hayati pengendali penyakit jamur dari PT Natural Nusantara yang berbahan aktif Gliocladium sp. dan Trichoderma sp. yang merupakan suatu jenis cendawan (jamur multiseluler) yang mampu membantu menanggulangi beberapa penyakit tanaman seperti layu fusarium. Natural Glio dapat mematikan, menghambat dan menghancurkan pertumbuhan jamur patogen dalam tanah yang dapat menyerang tanaman karena Gliocladium sp. mengeluarkan zat antibiotik gliovirin dan viridin.

Agens Hayati Natural GLIO

Manfaat dan Kegunaan Natural GLIO

  • Menghancurkan patogen-patogen penyebab penyakir dari luar atau mematikan sumber berkembangnya penyakir
  • Mencegah patoden-patogen penyebab penyakit untuk membentuk koloni dan berkembang kembali dalam tanah
  • Melindungi perkecambahan biji dan akar-akar tanaman dari infeksi penyebab penyakit patogen
  • Aman terhadap lingkungan, manusia dan hewan
  • Selaras dengan keseimbangan alam, mudah dan murah

Penyakit Yang Dapat Dikendalikan GLIO

  • Penyakit yang terbawa biji atau terbawa tanah, misalnya penyakit Rebah Semai (Dumping Off) yang disebabkan jamur Pythium sp. dan Rizoctonia sp.
  • Penyakit layu pada lombok, kentang, tomat, bawang merah, bawang daun, semangka, melon, tembakau, dll. yang disebabkan oleh jamur Fusarium sp. dan bakteri Pseudomonas sp.

Cara Penggunaan Natural GLIO

Natural GLIO sebanyak 100 gram dapat dicampurkan ke dalam 25 kg pupuk kandang matang, kemudian disebarkan secara merata di lahan. Akan lebih baik apabila didiamkan selama 1 minggu supaya populasi GLIO berkembang lebih banyak. Aplikasi yang tepat adalah pada saat pemupukan dasar dengan pupuk kandang sebagai pengendalian secara prefentif. Apabila tanaman sudah terserang penyakit, maka GLIO tetap dapat digunakan untuk melokalisir serangan. Aplikasi Gliocladium sp. pada lahan yang sudah terserang atau belum cukup dilakukan sekali, tetapi akan lebih baik bila digunakan 2-3 kali.

Aplikasi pemakaian Gliocladium sp. dapat dilarutkan pada larutan pupuk, tapi sebaiknya langsung digunakan. Jangan dicampur dengan larutan pestisida karena dapat mematikan spora aktif

Agens Hayati Pengendali Jamur Natural GLIO tersedia di AgenPupuk.com dalam kemasan serbuk 100 gr/kotak.

Related Posts

Tinggalkan Balasan