0
Natural BVR – Pengendali Hama Hayatiby Mitra Agroon.Natural BVR – Pengendali Hama HayatiNatural BVR adalah salah satu produk pengendali hama alami dari PT Natural Nusantara (NASA) yang merupakan jamur entomopatogenik atau jamur yang bisa mengendalikan hama. Agens hayati ini berbahan aktif Beauveria bassiana yang merupakan suatu cendawan yang sangat berperan dalam pengendalian secara biologis bagi hama-hama yang dapat merugikan tanaman. Natural BVR dapat membasmi hama sasaran dengan […]

Natural BVR adalah salah satu produk pengendali hama alami dari PT Natural Nusantara (NASA) yang merupakan jamur entomopatogenik atau jamur yang bisa mengendalikan hama. Agens hayati ini berbahan aktif Beauveria bassiana yang merupakan suatu cendawan yang sangat berperan dalam pengendalian secara biologis bagi hama-hama yang dapat merugikan tanaman. Natural BVR dapat membasmi hama sasaran dengan efektif dan efisien serta sangat selaras dengan keseimbangan alam karena tidak akan mematikan musuh alami.

Brosur Natural BVR NASA

Keunggulan Natural BVR

  • BVR mengandung 1010 spora per gram kultur dalam kondisi F1
  • Tahan disimpan selama 3-5 tahun tanpa berkurang efektifitasnya
  • Efektif dan efisien terhadap hama sasaran seperti wereng, walang sangit, kutu-kutuan dan ulat
  • Tidak mematikan musuh alami sehingga selaras keseimbangan alam
  • Aman terhadap lingkungan, manusia dan hewan
  • Dapat digunakan bersamaan dengan penyemprotan pupuk organik cair NASA

Mekanisme Kerja Agens Hayati BVR

  1. Beuveria bassiana masuk ke dalam tanaman, jika ada bagian dari tanaman tersebut di makan serangga, B. bassiana akan ikut masuk ke dalam tubuh hama. B. bassiana juga bisa masuk melalui kulit serangga hama, kemudian menembus masuk ke dalam tubuh hama.
  2. Di dalam saluran pencernaan hama, B. bassiana akan mengeluarkan enzim (Kitinase, Protease, Lipase) dan akan menghancurkan saluran pencernaan.
  3. Jamur ini juga akan mengeluarkan toksin (racun) seperti Beauvericin, Beauveroilides, Asam oksalat yang berperan sebagai racun perut hama.
  4. Selanjutnya B. bassiana akan menembus kulit hama dan membentuk Miselium (benang-benang dengan warna putih) pada hama yang mati.
  5. Apabila hama terinfeksi BVR tersinggung oleh hama sehat, maka hama sehat akan tertulari, penularan dapat melalui angin.
  6. Kematian hama berkisar 4-8 hari setelah terinfeksi BVR.

Tanaman Sasaran

Padi, Bawang merah, Kacang panjang, Cabai, Tomat, Kubis, Buncis, Semangka, Kentang, Apel, Mangga, Coklat

Hama Sasaran Utama

Wereng (Nilaparvata sp.; Nephotettix sp.; Sogatella sp.), Penggerek batang padi (Thryporhiza sp.; Chilo supressalis), Walang sangit (Leptocorixa accuta), Kutu Daun, Kutu Dompolan, Penggerek buah coklat

Aplikasi Penggunaan BVR

  • Dosis 1-2 gram/liter atau + 100 gram per 1000 m2
  • Semprotkan ke tanaman pada sore hari
  • Bisa dicampurkan dengan POC NASA atau Hormonik

Peringatan Penggunaan BVR !

  • Jangan dicampur dengan larutan pestisida kimia karena dapat mematikan spora aktif.
  • Simpan ditempat yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari langsung.

Agens Hayati Natural BVR tersedia di AgenPupuk.com dalam kemasan kotak 100 gram.

Related Posts

Tinggalkan Balasan